Pembuatan website

 Pembuatan Website



      Tidak dapat disangkal bahwa selain media sosial dan marketplace, website adalah faktor terpenting dalam keberadaan online, terutama untuk tujuan bisnis. Di era digital seperti sekarang, perusahaan tanpa website akan kesulitan untuk bersaing di industri mereka.

Namun, tidak semua pemilik bisnis memiliki waktu untuk belajar membangun dan mengelola website mereka sendiri. Oleh karena itu, mengambil bantuan dari agensi pembuatan website dapat menjadi solusi yang tepat.



Ini adalah ide bisnis yang memiliki peluang besar, terutama bagi orang-orang dengan latar belakang IT. Namun, kesempatan ini juga terbuka bagi mereka yang berasal dari latar belakang lain. Yang harus dilakukan hanyalah mempelajari dasar-dasar pemrograman website melalui buku atau tutorial online.

Tidak hanya itu, pembuatan situs juga melibatkan pengetahuan tentang kinerja database dan pemahaman tentang berbagai alur kerja yang umum digunakan, sehingga Kita dapat bekerja sama dengan pengembang web lainnya.

Namun, pekerjaan tidak berhenti di situ. Jika ingin menjalankan agensi pembuatan website, tugas Kita tidak hanya menciptakan website untuk klien, tetapi juga mengelola kebutuhan domain dan layanan web hosting mereka.

Daftar Isi

Website

Akses Internet dalam kehidupan sehari-hari © Unsplash

Setiap orang tentu mengakses internet menggunakan berbagai perangkat, mulai dari desktop, mobile, hingga tablet. Contoh yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari yaitu Google, Twitter, Facebook, Detik, CNN, dan lain sebagainya. Tentu saja dari berbagai website yang tersedia memiliki fungsi dan fitur yang berbeda pula, ada yang bergerak di bidang e-commerce, media sosial, bisnis, media informasi, dan lain-lain.


Artikel kali ini akan membahas setiap hal mengenai apa itu website, sejarah, fungsi, hingga cara membuatnya sehingga dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda mengenai website hingga cara pembuatannya.


Apa Itu Website?

Website

Situs web © Unsplash

Website adalah kumpulan halaman dalam suatu domain yang memuat tentang berbagai informasi agar dapat dibaca dan dilihat oleh pengguna internet melalui sebuah mesin pencari. Informasi yang dapat dimuat umumnya berisi mengenai konten gambar, ilustrasi, video, dan teks untuk berbagai macam kepentingan.


Biasanya untuk tampilan awal dapat diakses melalui halaman utama (homepage) menggunakan browser dengan menuliskan URL yang tepat. Di dalam sebuah homepage, juga memuat beberapa halaman web turunan yang saling terhubung satu dengan yang lain.


Baca juga: Optimasi Landing Page Anda dengan SEO


Sejarah Web

Sejarah web pertama kali dimulai dari seorang ilmuwan yang berasal dari Inggris, bernama Tim Berners-Lee. Orang tua dari Berners juga merupakan ilmuwan komputer pada era awal dunia komputasi. 


Tujuan awal dari Tim Berners yaitu untuk memudahkan para peneliti di tempat kerjanya dalam mendapatkan dan bertukar informasi. Kemudian, pada tanggal 30 April 1993, secara resmi CERN yang merupakan laboratorium fisika di Swiss mengumumkan tentang perilisan website secara gratis.


Sebelum itu pada tahun 1990, Tim Berners-Lee juga menuliskan tentang tiga teknologi dasar web, antara lain


1. HTML (HyperText Markup Language)

Html website

HTML © Unsplash

Merupakan bahasa markup atau format untuk halaman web.


Baca juga: Mengulas Penggunaan HTML dan Cara Kerjanya pada Web Development


2. URI (Uniform Resource Identifier)

Merupakan sebuah alamat unik untuk membuka halaman situs. Fungsinya adalah mengidentifikasi setiap sumber daya yang ada pada web. Saat ini sering disebut dengan URL (Uniform Resource Locator).


3. HTTP (HyperText Transfer Protocol)

Teknologi ini memungkinkan seseorang untuk mengambil kembali sumber daya yang terkoneksi dengan semua situs web.


Fungsi Website

Terdapat beberapa fungsi web yang memiliki keunggulan dan kualitas yang berbeda sesuai dengan target pemasaran maupun bisnis. Berikut ini merupakan beberapa fungsi yang dikategorikan sesuai dengan tujuan bisnis.


Fungsi website

Situs web statis © Unsplash

1. Sarana informasi

Informasi website

Informasi yang disebarkan melalui situs web © Unsplash

Pertama, fungsi website adalah sebagai sarana untuk menyampaikan informasi terbaru dan menarik untuk dibaca oleh customer atau pelanggan anda. Pada dasarnya, website juga dapat dijadikan sebagai sarana edukasi, pembelajaran, tutorial, tips & trik, dan masih banyak lagi.


Contohnya sebagai sarana informasi adalah situs pencarian berita, company profile, dan lainnya. Untuk jenis kontennya, dapat berupa video, teks, dan gambar.

Postingan populer dari blog ini

20 SOAL BESERTA JAWABANNYA